5 Alasan Penting Kenapa Bisnis Kamu Harus Punya Domain

O-gie.id – Bisnis selalu membicarakan supply (persediaan) and demand (permintaan). Kamu mampu memenuhi permintaan konsumen, maka produkmu pasti laris di pasaran. Bisnis yang hanya mengandalkan kekuatan produk, sangat sulit untuk bisa bersaing di zaman sekarang. Segala channel digital harus dioptimalkan. Jangan berharap dari channel offline semata.

Di zaman sekarang setiap orang ingin dimanjakan dan semua serba ingin dimudahkan. Apalagi untuk keluar rumah sekalipun mereka ogah lakukan. Karena cukup dengan menatap layar laptop dan smartphone, apa yang diinginkan tersedia dan berdatangan. Oleh karena itu, kamu yang ingin bisnisnya tumbuh dan berkembang, mesti merubah mindset dari yang hanya menggunakan channel offline menuju perpaduan channel online. Bila kamu ingin sukses dalam meraih banyak hati pelanggan tanpa batasan waktu dan ruang, maka ada satu strategi pemasaran yang tidak boleh dilewatkan, yakni sentuhan digital dengan melalui domain.

Apa itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server dijaringan komputer ataupun internet. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam mengingat website di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit atau biasa dikenal sebagai alamat Internet Protocol (IP). Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah Uniform Resource Locator (URL) atau alamat website.

Karena itulah, kita perlu memiliki nama domain yang mudah diingat. Domain terdiri dari 2 bagian.

  1. Nama domain.
  2. Ekstensi.

Kita ambil contoh:

  1. o-gie.id –> o-gie adalah nama domain sedangkan id adalah ekstensi.
  2. rumahweb.com –> rumahweb adalah nama domain sedangkan com adalah ekstensi.
Domain terdiri dari 2 bagian

Nama domain hanya dibolehkan memakai huruf, angka, dan garis penghubung. Penggunaan huruf kapital dan huruf kecil akan diabaikan. Artinya, RUMAHWEB.com atau RumahWeb.com akan tetap menuju ke alamat website yang sama, yaitu rumahweb.com.

Nama domain hanya bisa dimiliki oleh satu orang. Jika suatu domain sudah dimiliki oleh orang lain, maka kita harus menunggu hingga domain itu expired dan tidak diperpanjang kembali oleh pemiliknya.

Ekstensi domain ada banyak sekali, antara lain; .com, .es, .id, .biz, .us, .fr, .info .co.id, .net, .org, dan lain sebagainya. Daftar ekstensi bisa kamu lihat di bawah ini:

Domain selalu diikuti Ekstensi

Apa itu Sub-Domain?

Sub-domain adalah domain di bawah domain, namun ia berdiri sendiri. Kita bisa mengibaratkan sub-domain ini seperti provinsi dalam suatu negara. Provinsi ada dalam negara tapi ia otonom dan seperti terpisah.

Contoh sub-domain:

  1. mail.rumahweb.com –> mail adalah sub-domain, rumahweb adalah domain, dan com adalah ekstensi.
  2. blog.rumahweb.com –> blog adalah sub-domain, rumahweb adalah domain, dan com adalah ekstensi.
Sub Domain Terdiri 3 bagian

Siapa Pengguna Domain?

Tidak jarang kita temui sudah banyak domain yang digunakan oleh perseorangan atau perusahaan. Namun sebenarnya domain juga bisa digunakan oleh semua pihak mulai dari komunitas, pemerintahan, instansi, universitas, sekolah atau siapapun mereka yang memang memerlukan domain sebagai media online.

Domain dengan ekstensi .com tidak memerlukan banyak persyaratan data penting saat pendaftaran atau membuat domain, seperti KTP, SIM, NPWP, dan data lainnya. Namun berbeda dengan domain akhiran ekstensi lokal .id. Domain ini membutuhkan persyaratan khusus seperti data KTP/SIM, NPWP, dan data pendukung lainnya. Sedangkan domain ac.id memerlukan data berupa surat pengantar dari universitas atau sekolah.

Setiap website profesional pasti memiliki domain sendiri. Jika kamu ingin membangun bisnis online, maka segera pertimbangkan untuk memiliki nama domain sendiri. Kamu ingin tahu mengapa domain penting? Mari kita lihat beberapa alasannya di bawah ini.

1.Domain Mudah Diingat

Seringkali saat saya menentukan atau memilih nama domain berpikir terlalu lama. Karena domain merupakan alamat website yang ketika kita membelinya, maka kita tidak bisa merubahnya atau nama domain-nya bersifat permanen.

Prinsip tentang domain mudah diingat haruslah menjadi prioritas utama saat kamu menentukan nama domain. Domain ibarat alamat yang bertugasnya menjadi penghubung antara website dengan orang yang mencari produk atau tentangmu di dunia maya. Tidak terlalu panjang, tiga kata atau kurang sudah cukup. Semakin sederhana nama domain kamu, maka semakin mudah pula orang lain mencari dan mengingatnya.

Di bawah ini contoh supaya kamu lebih mudah memahami perbedaan antara domain gratis dan berbayar. Saya mencantumkan dua domain gratis yang populer, Blogspot dan WordPress serta satu domain berbayar yang dapat dibeli dari penyedia domain.

Contoh Domain Gratis dan Berbayar

2. Mudah Ditemukan

Tanpa nama domain, pengguna internet akan kesulitan menemukan situs atau website kamu dan pastinya juga sulit membaca konten darimu. Terutama websitemu digunakan untuk menjual produk, maka bisa sia-sia jeripayah dirimu.

Tahukah kamu? Hingga akhir 2018 saja, sudah banyak bertebaran miliaran website di dunia. Setiap harinya, ada sekitar jutaan orang di planet ini melakukan pencarian dengan menggunakan Google. Kalau ingin website bisnis kamu berada di Top Ranking halaman pertama google, maka kamu harus segera menggunakan domain berbayar.

Data Center Statista tahun 2017 menyatakan 46,8 % bahwa website banyak menggunakan domain berbayar. Jumlah itu jauh di atas rata-rata domain gratis. Setiap perusahaan, mulai dari kelas kakap hingga kelas teri pun memilih domain berbayar sebagai identitas. Apakah kamu ingin bisnismu stagnan atau berkembang? Hanya kamu yang bisa memilih dan menentukan.

Data Website Di Dunia

3. Memperkuat Branding Bisnis

Dengan memilih domain yang tepat, branding pun akan semakin kuat. Kamu yang sedang merintis online shop, jangan pernah khawatir. Banyak pilihan ekstensi yang bisa kamu gunakan. Silahkan pakai domain .shop, .store, .com, .id, .co.id, dan sebagainya.

4. Penetrasi Pasar dan Sarana Promosi yang Efektif

Domain sangat berguna bagi para pebisnis. Memiliki website dan domain sendiri ibarat punya toko di mana-mana. Siapa pun, dimana pun, dan kapan pun orang di penjuru dunia bisa melihat produkmu hanya melalui layar laptop dan smartphone.

Berapa biaya promosi untuk membuat bisnis kamu dikenal banyak orang? Bisa murah, bisa juga mahal. Tergantung media apa yang digunakan. Kalau menggunakan media offline dengan pasang iklan di media cetak, biayanya pasti mahal. Beda halnya kalau kamu menggunakan website. Selain jangkauannya lebih luas, biayanya pun lebih terjangkau.

Penetrasi pun Cepat

5. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis yang Kamu Jalankan

Ketika pelanggan mengetahui bisnismu sudah hadir di dunia maya, maka hal itu membuat mereka semakin lebih percaya dengan produk yang ditawarkan. Apalagi kalau kamu sudah menggunakan domain sendiri. Sudah pasti kredibilitas bisnis yang kamu jalankan akan meroket. Ketika presentasi di depan siapapun, kamu akan percaya diri. Cukup beritahukan nama domainmu, maka mereka bisa tahu persis bisnis apa yang sedang kamu jalani. Mudahkan!

Meningkatkan Kredibilitas Bisnis yang Kamu Jalankan

Nah, saat ini kamu sudah tahu mengapa domain penting untuk bisnis. Mendaftarkan nama domain adalah langkah penting untuk membangun kepercayaan pengunjung. Salah satu keberhasilan terbesar dalam bisnis online adalah komunikasi.

Mulai sekarang kamu sudah harus mempunyai nama domain untuk bisnismu. Kamu tidak perlu bingung dan sulit mencari layanan yang menyediakan domain dan hosting. Rumahweb menyediakan apapun yang kamu butuhkan dari Domain murahHosting IndonesiaHosting murah, hingga Hosting unlimited pun ada.

Rumahweb saat ini sedang memiliki promo Termurah! Coba kamu bayangkan! Domain .com plus hosting 1 GB dihargai hanya Rp 17.900 per bulan! Selain harganya murah, Rumahweb juga punya segudang fitur yang akan membuat domain kamu tetap aman, terkoneksi ke media sosial, serta mudah dikelola.

Domain .com plus hosting 1 GB dibanderol dengan harga Rp 17.900 per bulan

Bagi kamu yang baru merintis usaha, Rumahweb sangat cocok. Pasalnya, Rumahweb selalu siap untuk membantumu non stop dalam 24 jam setiap harinya. Sudah saatnya bisnis kamu naik kelas.

Artikel ini diikut sertakan dalam Rumahweb Blog Competition. Tautan artikel ini telah dibagikan pada akun Instagram penulis. Seluruh gambar yang ditampilkan dalam artikel bersumber dari Rumahweb dan sumber lainnya. Tampilan diolah secara mandiri oleh penulis. Semoga bermanfaat.

4 thoughts on “5 Alasan Penting Kenapa Bisnis Kamu Harus Punya Domain”

Leave a Comment