Cara Melatih Kelinci Agar Pintar

O-gie.id – Kelinci merupakan hewan sosial dan senang bermain dengan pemiliknya. Jika kamu baru saja menjadi pemilik seekor kelinci, atau berencana memelihara kelinci, atau tidak dapat membuat kelincimu bermain maka artikel ini cocok untukmu. Banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk menghibur dan bermain bersama kelinci. Perhatikan kepribadian hewan peliharaanmu, karena itu dapat mempengaruhi permainan seperti apa yang dinikmatinya, dan cobalah cari tahu metode yang terbaik untuk bermain.

1. Memilihkan Mainan untuk Kelinci

Tak kenal, maka tak sayang, sebuah istilah populer ketika kita berada di suatu wilayah atau komunitas yang baru belum saling mengenal. Kepribadian kelinci akan menentukan mainan yang disukai dan tidak disukainya. Sebelum mulai mengumpulkan mainan untuk kelinci kamu, ada baiknya cobalah kenali dia dan cari tahu kesukaannya. Mengetahui rangsangan apa yang akan ditanggapinya dapat membantu kamu merencanakan waktu bermain.

Memilihkan Mainan untuk Kelinci
  • Pertama, biarkan kelinci kamu keluar dari kandang atau ruang berpagar dan menghampirimu. Biarkan dia menjelajah daerah yang aman baginya.
  • Perhatikan dengan apa dan bagaimana dia berinteraksi. Sebagian kelinci senang menghancurkan sesuatu, yang berarti mereka senang merobek-robek kertas dan tisu saat bermain. Sebagian menyukai dengan menggigit mainan, lalu mengejarnya. Sebagian lagi senang menjatuhkan sesuatu. Perhatikan perilaku kelincimu dan lihatlah permainan seperti apa yang disenanginya.
  • Kelinci mudah merasa takut, jadi usahakan untuk tidak melakukan gerakan yang mendadak. Jangan pernah meneriaki kelinci, karena ini akan membuat kelinci menjauh darimu.

a. Pilihkan Mainan untuk Saat-saat Bersama Kelincimu Di Rumah

Pilihlah berbagai mainan yang dapat kamu gunakan untuk bermain dengan kelinci dirumah. Tentukan pilihan berdasarkan kepribadian spesifik kelinci.

  • Untuk kelinci yang senang melempar sesuatu, kamu dapat belikan mainan yang aman bagi kelinci di toko hewan peliharaan atau pusat perbelanjaan di sekitar. Mainan burung juga baik digunakan untuk permainan seperti ini, karena dibuat untuk mudah dipegang. Jika kamu sedang berhemat, bisa menggunakan tisu gulung atau tisu toilet untuk menghemat biaya.
  • Kelinci yang senang mengunyah dan menggali bisa menyalurkan perilaku ini dalam permainan. Tikar jerami dan kotak yang penuh dengan sobekan atau guntingan kertas dapat memberikan berjam-berjam hiburan. Mainan bayi dan bola berbahan plastik juga bagus, karena kuat dan awet digunakan dalam waktu lama sebelum harus diganti.
  • Mainan logika bagus untuk kelinci yang penasaran, dan tersedia di toko hewan peliharaan. Mainan ini pada umumnya melibatkan kotak plastik atau karton berisi benda yang memikat kelinci, seperti bola karet atau imbalan makanan. Kelinci harus mencari tahu cara membuka kotak untuk mendapatkan hadiahnya.
  • Karena sebagian kelinci senang menjatuhkan barang-barang, pertimbangkan untuk membeli pin boling anak-anak. Kelinci akan senang menjatuhkannya dan membuat kamu mengembalikannya ke posisi semula.

b. Pilihlah Mainan Saat-saat Bepergian Bersama

Walaupun bermain dengan kelinci sangatlah menyenangkan, kamu harus memastikan kelinci terhibur bahkan saat tidak berada di rumah. Dengan begini, tidak akan terbentuk rasa stres pada kelinci saat keluar rumah dan bertingkah dengan menggigit, mengunyah, atau menghancurkan sesuatu.

  • Jika kelinci kamu senang menggali, berikan banyak serbuk gergaji atau jerami di dalam kandangnya saat keluar rumah. Jika dia merasa bosan, dia dapat menggalinya.
  • Banyak pemilik kelinci menyarankan untuk membuat istana dari bahan karton untuk kelinci. Itu berarti kamu harus mengumpulkan kotak karton lama dan merangkainya, lalu melubanginya untuk membuat lorong dan pintu masuk. Kelinci yang senang mengunyah ataupun kelinci yang penasaran khususnya akan menikmati istana karton.

2. Bermain dengan Kelinci

a. Jadwalkan Waktu Bermain

Kelinci cenderung berkembang dalam rutinitas. Cara terbaik untuk membuat kelinci bermain denganmu adalah dengan memiliki waktu bermain yang dijadwalkan secara rutin.

  • Kelinci pada umumnya paling aktif di pagi hari, jadi bagus untuk bermain dengannya.
  • Berhati-hatilah saat mengajak bermain. Kelinci lebih suka dibiarkan sendiri saat sedang makan, berada di bak pasir, mandi, ataupun tidur. Jika kamu melihat kelinci sedang melakukan hal-hal tersebut, biarkan dia selesai sebelum mengajaknya bermain.

b. Posisikan Sama Rata Ketika Bermain

Pastikan kelinci merasa aman dan nyaman ketika bermain bersamamu. Kamu harus memastikan dia tidak menganggap kamu sebagai raksasa.

  • Cobalah samakan tinggi antara kamu dengan kelincimu. Kamu dapat duduk, membungkuk, ataupun berbaring di lantai.
  • Biarkan kelinci memilih untuk duduk di pangkuan atau berinteraksi secara fisik denganmu. Sebagian kelinci senang dipeluk dan seiring waktu akan menjadi kelinci yang senang dipangku, tetapi sebagian besar lebih suka mandiri selama bermain.

c. Bersabarlah Saat Bermain dengan Kelinci

Kelinci dapat merasa takut, terutama di saat awal. Jangan memaksanya untuk bermain atau memberinya suatu mainan jika kelincimu terlihat tidak berminat. Biarkan kelinci menyesuaikan diri sesuai kemampuannya.

  • Jangan berlaku kasar pada kelinci karena pada dasarnya mereka penakut.
  • Sambut kelincimu dengan riang sebelum membuka kandangnya, panggil namanya dan katakan sesuatu yang bersahabat seperti, “Selamat pagi”. Dengan begini, dia akan mengaitkan kamu dengan kesenangan dan akan lebih ingin berinteraksi dengan kamu.
  • Belailah kelincimu sambil memberinya komentar yang positif, seperti isyarat suara yang bersahabat atau imbalan makanan. Kamu perlu membuatnya mengaitkan sentuhanmu dengan rasa aman dan bahagia.

3. Mengajari Permainan yang Bukan Agresif pada Kelincimu

a. Gunakan Makanan Sebagai Umpan Memancing Kelinci

Kelinci dapat merasa gugup saat mulai bermain, yang bisa menyebabkan perilaku yang agresif. Untuk menjaga agar kelincimu tetap bahagia, cobalah gunakan imbalan makanan untuk memancingnya keluar dari kandang.

  • Banyak makanan kelinci yang dijual di toko hewan peliharaan mengandung kalori yang tinggi dan tidak baik untuk kesehatan jangka panjang kelinci. Sebaliknya, pilihlah camilan yang sehat, seperti kismis, apel yang dipotong kecil-kecil, nanas, seledri, stroberi, dan gandum parut tanpa gula.
  • Walaupun imbalan makanan merupakan awal yang bagus, jangan memberikannya terlalu banyak kepada kelinci. Biarkan kelincimu memakan beberapa camilan saat memasuki daerah bermain, tetapi jangan memanjakannya dengan imbalan makanan setiap kali dia memintanya.

b. Atasi Gigitan Kelinci

Terkadang kelinci menggigit. Itu tidak selalu merupakan sikap perlawanan yang buruk. Terkadang itu adalah respons dari rasa stres atau cara menunjukkan kasih sayang, tetapi perilaku tersebut merupakan masalah bagi sang pemilik.

  • Jangan marahi kelinci, karena kelinci pada dasarnya penakut, memarahinya dapat memberikan dampak buruk ketimbang dampak baik untuk menghentikan gigitan.
  • Saat kelinci menggigit, jauhkan dia dengan perlahan. Katakan sesuatu yang baik padanya dan belailah setelahnya. Ulangi perilaku ini sesering yang dibutuhkan sampai kelinci tidak lagi berperilaku menggigit.

c. Biarkan Kelinci Memutuskan Kapan Berhenti Bermain

Kelinci adalah hewan yang mandiri dan kamu harus menghargai ini. Biarkan dia membuat keputusan sendiri dalam hal waktu bermain.

  • Kelinci akan memberi tanda saat sudah siap bermain. Kelinci akan mengelilingi kaki pemiliknya atau menarik-narik lengan baju dan celana. Tunggulah hingga kelinci kamu memberi tanda bahwa dia siap sebelum mengeluarkan mainannya.
  • Saat kelinci kamu kehilangan minat bermain, dan berusaha kembali ke dalam kandangnya, biarkanlah. Kelinci sering kali ingin menyendiri dan akan menolak waktu bermain jika terasa seperti sesuatu yang terpaksa.
  • Jika kelinci sedang melakukan hal lain, biarkan dia selesai terlebih dahulu sebelum mencoba mengajaknya bermain.
  • Kelinci tidak selalu ingin bermain dengan durasi waktu yang sama. Di sebagian hari, kelinci mungkin ingin bermain selama satu jam, dan di hari-hari lainnya mungkin hanya 10 menit. Jangan memaksa kelinci untuk bermain lebih lama atau lebih sedikit dari yang diinginkannya.

Aturan:

  • Saat kamu berbicara dengan kelinci, gunakan suara yang lembut.
  • Di saat bermain, pastikan makanan dan air tersedia seandainya kelincimu haus atau lapar.
  • Biarkan kelinci menjelajah sesukanya, namun periksa agar tidak ada hal berbahaya lainnya yang dapat membuat kelinci terluka saat berkeliling rumah.
  • Biarkan kelinci berlari dari semua orang setelah mereka menggendongnya.
  • Biarkan kelinci menjilat kamu dan jangan mendorongnya karena dia tidak akan menyakiti, dia hanya ingin bermain.

Perhatian:

  • Pastikan semua mainan kamu aman bagi kelinci dan hanya izinkan kelinci memainkannya dengan pengawasanmu.

Leave a Comment