Media Tanam Hidroponik Yang Disarankan

o-gie.id – Di artikel sebelumnya, OGIE Farm sudah membahas tentang Mengenal Sistem Hidroponik (baca artikel lengkapnya di sini), selanjutnya di artikel kali ini membahas tentang “Media Tanam Hidroponik”. Seperti yang kamu ketahui bahwa menanam dengan Hidroponik tidak menggunakan media tanah, melainkan diganti dengan larutan air yang mengandung nutrisi untuk mendukung tanaman agar cepat tumbuh dengan subur.

Apabila kamu memiliki keinginan untuk memulai bercocok tanam secara sistem Hidroponik, sebaiknya mengenali beberapa media tanam yang biasa digunakan. Jika kamu sudah mengetahui media tanamnya, tentu kamu akan mudah menentukan dan menyesuaikan media tanam dengan modal dan perlakuan cara menanamnya.

Penggunaan media tanam pada budidaya hidroponik memiki fungsi utama sebagai penyangga tanaman, sehingga kokoh berdiri. Media tanam ada berbagai macam, seperti rockwool, cocopeat atau serabut kelapa, arang sekam, hidroton, perlite dan lain sebagainya. Penggunaan media tanam dapat disesuaikan dengan kondisi kelembaban maupun jenis tanaman yang ditanam, misal tanaman buah seperti tomat atau cabe dapat menggunakan hidroton, pecahan bata atau kerikil, dan lain-lain.

Contoh Media Tanam Yang Umum Digunakan Pada Hidroponik.

1# Rockwool

Rockwool merupakan salah satu media tanam yang banyak digunakan oleh para Hidroponiker (panggilan pembudidaya hidroponik), baik skala hobi maupun industri. Media tanam ini mempuyai kelebihan dibandingkan dengan media tanam lainnya terutama dalam hal perbandingan komposisi air dan udara yang dapat disimpan oleh media tanam ini.

Rockwool berasal dari batuan Basalt yang dipanaskan mencapai 1.600 derajat Celcius sehingga meleleh menjadi lava. Dalam keadaan mencair, batuan tersebut disentrifugal terbentuk serat-serat. Setelah mendingin kumpulan serat ini dipotong dengan ukuran yang disesuaikan kebutuhan petani, karena dipanaskan dengan suhu yang sangat tinggi maka secara otomatis pathogen penyebab penyakit juga mati. Rockwool dapat digunakan untuk berbagi kebutuhan mulai dari tahap persemaian sampai pada fase produksi.

Media Tanam Menggunakan Rockwool

2# Arang Sekam

Arang sekam adalah ampas atau kulit padi yang sudah diolah atau dibakar. Ogie Farm yakin, pemanfaatan arang sekam untuk tanaman sudah banyak ada di lingkungan sekitar, seperti untuk menanam tanaman hias atau bunga.

Arang sekam mudah didapat dan murah, serta mampu memberikan hasil yang baik untuk pembibitan maupun memproduksi bermacam-macam tanaman.

Media Tanam Menggunakan Rockwool

3# Hidroton

Hidroton dibuat dari tanah liat yang dibentuk bulat-bulat kemudian dipanaskan pada suhu 1.200 derajat Celcius atau lebih. Tanah liat memiliki kapiler yang sangat tinggi dan telah terbukti untuk mempercepat pertumbuhan tanaman selama digunakan dengan benar.

Hidroton adalah pihan yang baik untuk banyak sistem hidroponik karena tidak memiliki efek samping atau ramah lingkungan. PH yang stabil, sangat berpori, dan menyediakan banyak oksigen ke zona akar tanaman.

Media Tanam Menggunakan Hidroton

4# Cocopeat

Cocopeat adalah olahan sabut kelapa biasanya dihasilkan dari kelapa tua atau kering yang telah dikupas. Serabut yang diambil kemudian dicuci, dipanaskan, disaring dan dipipih atau cacah sebelum diproses menjadi produk cocopeat yang berupa padatan.

Serbuk Gergaji Sebagai Media Tanam

5# Spons atau Busa

Spon sering digunakan untuk mencuci piring dan membersihkan kaca jendela kamar. Apakah kamu pernah memperhatikan apabila spoon dibiarkan di alam terbuka terkena hujan dan panas? Pasti akan tumbuh lumut hijau dan terkadang hitam, maka cocok Spoon sebagai media tanam untuk tanaman hidroponik.

Media Tanam Menggunakan Spons atau Busa

6# Perlite

Perlite adalah kaca vulkanik amorf yang memiliki kandungan air relatif tinggi. Biasanya dibentuk oleh hidrasi obsidian yang cocok untuk penetasan telur dan mempercepat pertumbuhan tanaman dari bijinya.

Media Tanam Menggunakan Perlite

Masih banyak media tanam lainnya yang dapat digunakan untuk media tanam hidroponik, seperti pasir, kerikil, pecahan batu, bata, akar pakis, dan lain sebagainya. Gunakan media tanam yang sekiranya mudah didapatkan, murah, dan tidak merusak (limbah) atau mengganggu pertumbuhan tanaman yang akan ditanam. Semoga bermanfaat untuk para pembaca setia OGIE Farm ~ Sayuran Sehat Untuk Keluarga ~.

Leave a Comment