Spesifikasi ASUS Vivobook Ultra A412 Bikin Generasi Milenial Semakin Cepat dan Kreatif

O-gie.id – Berbanggalah kamu yang terlahir pada masa milenium, karena kamu sedang menjadi perbincangan di manapun, sebab kamu membawa gaya kehidupan yang unik. Tidak mengherankan lahir dalam era pergantian abad tentu menyebabkan banyaknya sistem kehidupan yang bertransformasi.

Cepat dan kreatif adalah ciri generasi milenial dalam mengarungi era digital. Tatkala pekerjaan tidak lagi disekati oleh ruang dan waktu. Ketika aktivitas selalu dinilai dengan menghasilkan karya besar dan bermutu. Di situlah generasi milenial bergerak tanpa batas.

Era digital memang melahirkan banyak pejuang versatile. Saya pernah berdiskusi dengan seorang pemimpin perusahaan, dia berkata “kalau bisa kita mampu mengerjakan dan menguasai beberapa bidang di luar tugas pokok kita diwaktu yang berdekatan atau lebih ekstremnya diwaktu yang bersamaan, maka tujuan disuatu organisasi tercapai dengan kecepatan dan fleksibel. Sebab di balik semua aktivitas, selalu muncul peluang dan pundi-pundi rezeki.

Sebagai contoh saja, ada beberapa kenalan saya yang memilih menjadi ibu rumah tangga sekaligus berprofesi sebagai penulis. Ada juga yang berprofesi sebagai karyawan sembari merintis bisnis online shopping. Ada pula yang memilih karir sebagai desainer grafis dan Youtuber. Di masa sekarang ini, menjalankan lebih dari dua profesi sudah biasa. Hanya saja tidak semuanya berjalan lancar. Terkadang, ada hal-hal yang harus kita korbankan. Kita harus memilih mana yang paling prioritas untuk dikerjakan dahulu.

Setelah resign dari perusahaan teknologi, saat ini saya berprofesi sebagai penulis di situs blog perusahaan pribadi, o-gie.id. Namun diwaktu yang lain saya berprofesi sebagai Human Resource Business Partner. Banyak aktivitas saya yang memerlukan kecepatan dan kreativitas. Jika ada hal apa pun yang melambat kadang membuat saya stres, seperti koneksi internet atau laptop yang loading bermenit-menit.

Dibulan Juni 2019 lalu, saya sempat mencari sebuah laptop yang mungkin bisa memenuhi kebutuhan saya dalam mengerjakan tugas menulis maupun menyusun materi dan laporan. Tiba-tiba muncul dibenak pikiran saya, ASUS!

Meraih gelar Top Brand Award tidak mudah. Majalah Marketing dan Frontier Consulting Group selaku pemberi penghargaan melakukan survei secara face to face pada konsumen di 11 kota di Indonesia, membuktikan bahwa sebagian besar konsumen Indonesia memilih merek ASUS ketika mencari laptop. Dengan kata lain, ASUS menjadi top of mind di Indonesia. Saya saja kena!

Dalam hal ini, pasti kamu akan setuju dengan saya. Pekerja digital seperti kita membutuhkan laptop yang bisa diandalkan. Performanya tangguh tetapi tetap menyajikan hal yang stylish sehingga nyaman dipandang dan pastinya mudah dibawa ke mana saja. ASUS pun pasti tidak akan melupakan fitur pengamanan berteknologi. Asal tahu saja, saat ini keamanan adalah hal yang dibutuhkan, karena data yang kita miliki bukan hanya penting namun bernilai. Hampir seluruh karya-karya kita tersimpan pada laptop dan smartphone.

Baru-baru ini ASUS meluncurkan Laptop VivoBook seri terbaru Ultra A412. Laptop yang mendapat julukan “The world’s smallest colorful 14 inci Ultrabook” tampil lebih stylish dalam balutan empat warna menarik yang disesuaikan dengan kepribadian seseorang yaitu coral crush, peacock blue, slate grey, dan transparent silver. Apa pun pilihan warnamu, ASUS Vivobook Ultra A412 akan menjadikan aktivitasmu lebih berwarna. Tidak percaya? Silahkan lihat gambar di bawah ini.

Asus Vivobook Ultra A412 Colorful is my life

Inovasi yang dilakukan ASUS selalu tidak tanggung-tanggung. Mulai dari desain warna yang ceria, performa mumpuni, hingga bobot yang ringan dan body yang keren. Kamu penasaran seperti apa spesifikasinya? Tetap di sini aja. Jangan pindah-pindah. Ulasannya akan saya sajikan dan ditujukan untuk kamu anak muda, generasi milenial yang sukanya cepat dan kreatif.

NanoEdge Display

Vivobook adalah kategori laptop ASUS yang menyajikan tiga ciri utama; ringkas, tipis, dan memiliki performa mumpuni. Laptop ASUS Vivobook Ultra A412 adalah jenis Vivobook yang paling ringkas di kelasnya. Oleh karena itu, laptop yang satu ini cocok digunakan oleh siapa saja dan dimana saja seperti; di kafe, co-working space, atau bahkan di dalam kereta atau pesawat sekalipun. Terutama bagi mereka yang mobilitasnya tinggi dengan tuntutan pekerjaan dalam menghasilkan konten kreatif dan kecepatan pengerjaan tanpa mengenal ruang dan waktu.

Bukan zamannya membawa laptop besar dan berat. Laptop ASUS Vivobook Ultra A412 dengan bentang layar ukuran 14″ dan dimensi panjang 32cm serta lebar 21cm. Dari sisi ketebalannya hanya 1,9cm dan berat dengan bobot 1,5kg, sudah cukup ringkas. Mudah dibawa berpergian dan ideal dijadikan partner kamu untuk bekerja secara mobile atau bahkan traveling.

Desain bingkainya juga oke, lantaran mengusung teknologi NanoEdge Display di keempat sisinya. Di mana bezel samping layarnya cukup tipis hanya 5,7mm dan screen to body ratio 87% sehingga dimensi body-nya dapat diperkecil. Alhasil, visualisasi terasa luas dan optimal, memudahkan penggunanya mengerjakan tugas dengan nyaman. Lantas, apakah keringkasan adalah satu-satunya keunggulan ASUS Vivobook Ultra A412 ini? Tentu saja tidak, masih banyak keunggulan lainnya yang menjadikan laptop ini pilihan terbaik di kelasnya.

Asus Vivobook Ultra A412 Bezel Tipis

ErgoLift Design

Sementara mekanisme ErgoLift Design membuat body utama bagian keyboard laptop Vivobook Ultra A412 terangkat dan membentuk sudut dua derajat. Posisi keyboard yang miring membuat aktivitas mengetik dan pengoperasian laptop lebih stabil serta nyaman saat digunakan. Sejak dulu ASUS memang mengerti apa yang dibutuhkan seorang milenial produktif. Posisi keyboard yang miring membuat aktivitas mengetik lebih nyaman dibandingkan menggunakan keyboard laptop dengan posisi datar. Adapun rongga udara ekstra yang dibentuk membuat sirkulasi udara lancar, sehingga sistem pendinginan dapat bekerja lebih optimal.

Asus Vivobook Ultra A412 Ergolift Design 2 Derajat

Performa Mumpuni dengan Baterai dan Intel Core

ASUS mengerti sekali bahwa sebuah karya besar perlu didukung laptop berperforma josh banget. Laptop ASUS VivoBook Ultra A412 mengandalkan prosesor Intel Core i3, core i5, dan core i7 Whisky Lake generasi ke 8. Prosesor ini menggunakan konfigurasi 4 core 8 thread dan memiliki TDP hingga 15 watt yang cukup hemat daya. Bertenaga, sangat kencang, dan efisien. Mirip sekali dengan kuda.

Menariknya, beberapa varian laptop ini juga telah dilengkapi dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX250 dengan VRAM GDDR5 sebesar 2GB. Artinya, kemampuan olah grafis laptop ini bisa digunakan untuk berbagai tugas yang membutuhkan tenaga grafis ekstra seperti video editing dan edit photo.

Performa lainnya berkaitan penyimpan data, ASUS Vivobook menggunakan SSD 512GB dan RAM sebesar 8GB berjenis DDR4 yang terdiri dari memori on-board sebesar 4GB dan memori tambahan sebesar 4GB. Kencang bangettt.

Kualitas koneksi Laptop ASUS Vivobook Ultra A412 juga tidak kalah jempolan. Menggunakan Wi-Fi 5 dual-band 802.11ac yang menjamin kecepatan akses internet hingga 867Mbps. Dengan koneksi Wi-Fi yang cepat, kamu bisa berselancar secara kreatif di alam internet tanpa khawatir ngelag. Ditambah lagi daya tahan laptop ini juga mengagumkan. Didukung 2-Cell 37 Wh Battery, menjadikannya daya aktivitas kamu diuji banget seharian penuh. Kamu juga tidak perlu khawatir, apabila tidak menemukan tempat untuk menge-charge baterai.

Asus Vivobook Ultra A412 Performa Mumpuni dengan Baterai dan Intel Core i3, Core i5, Core i7

Pre-Install Windows 10 Asli

Kamu pernah membeli laptop kosongan? Laptop yang tidak memiliki operating system (OS) sama sekali, sehingga kamu perlu meng-install terlebih dahulu. Bagaimana rasanya? Ribetkan? Kenapa beli mahal-mahal tetapi laptopnya belum bisa langsung digunakan? Jangan khawatir, saat ini ASUS Vivobook Ultra A412 sudah pre-install Windows 10 asli. Kamu tidak perlu membeli Windows original apalagi memasang Windows bajakan. Jangan, tidak berkah!

Fingerprint Sensor

Kamu sering lupa password? Saya kasih satu kabar gembira, kalau kamu membeli ASUS Vivobook Ultra A412, maka kamu bisa mengucapkan selamat tinggal pada segala jenis password numerik dan alfabetik. Jarimu sekarang sebagai kata kunci, karena ASUS Vivobook Ultra A412 menggunakan teknologi fingerprint sensor sehingga lebih aman dan praktis. Kamu cukup menyentuhnya dengan jarimu untuk membuka laptop. Tidak ada orang lain yang bisa membuka, kecuali kamu sendiri, itu pun kalau jarimu tidak hilang, hehe…

Asus Vivobook Ultra A412 Fingerprint Sensor

Selain itu, laptop ini juga dibekali Windows Hello, sebuah sistem otentifikasi terbaik yang dimiliki laptop masa kini. Sistem ini memungkinkan login biometrik, seperti sidik jari dan wajah, untuk melindungi informasi dan data pribadi di laptop dari serangan siber. Berkat teknologi tersebut, data menjadi lebih aman.

Pre-Install Windows 10 Asli

Keyboard Ergonomis

Berlama-lama bekerja di depan laptop dapat membuat jari dan lengan pegal-pegal. Bagi yang berprofesi sebagai penulis atau yang menghabiskan banyak waktu dengan perangkat laptop, sangat berisiko cedera. Namun, kamu tidak perlu ragu ketika bekerja dengan ASUS Vivobook Ultra A412. Pasalnya, keyboard laptop ini sudah dirancang ergonomis, menghasilkan pengetikan yang lebih akurat, anti slip, dan yang paling penting tidak membuat jari dan lengan pegal-pegal.

Pengalaman mengetik menggunakan keyboard VivoBook Ultra A412 memang terbilang asyik. Tombol keyboard berjarak 1,3mm, maksudnya antar tombol yang satu dengan yang lainnya tidak terlalu rapat dan juga tidak terlalu jauh. Susunan tombol keyboard telah diatur begitu cermat. Memastikan kenyamanan pada saat pengetikan. Keandalannya pun tidak perlu diragukan lagi, sebab masing-masing tombol telah lulus uji hingga 10.000 kali tekan.

Asus Vivobook Ultra A412 Keyboard Ergonomis

Port USB

Mengenai port yang ada di laptop ASUS Vivobook Ultra A412 cukup lengkap, meskipun jumlahnya standar. Pada sisi kanan terdapat slot Kensington lock, port USB 3.1 Type-A, dua lampu indikator daya dan charging, serta microSD card reader. Tersedia juga slot kartu memori microSD. Bagi yang hobi fotografi dengan kamera DSLR, masih membutuhkan SD card reader untuk menyisipkan SD card-nya.

Beralih ke kiri, terdapat port charging, port HDMI, port USB 2.0 Type-A, port USB 3.1 Type-C, dan jack audio. Laptop baru, apalagi dirilis tahun 2019 memang harus punya setidaknya satu port USB Type-C – keberadaan port ini semakin penting karena multi fungsi.

Asus Vivobook Ultra A412 Port USB

Dalam hidup, kita harus pandai-pandai memanfaatkan setiap kesempatan. Saya tidak pernah meragukan kemampuan ASUS. Bersama ASUS, kita bisa menghasilkan jutaan karya besar, menyalurkan bakat, dan mewujudkan ide brilian. Sebab ada ASUS yang selalu mendukung dari depan.

Artikel ini diikut sertakan dalam ASUS Vivobook Ultra A412 Wiriting Blog Competition Balikpapan. Tautan artikel ini telah dibagikan pada akun Instagram penulis. Seluruh gambar yang ditampilkan dalam artikel bersumber dari koleksi pribadi, ASUS Indonesia, dan sumber lainnya. Olah tampilan dilakukan secara mandiri oleh penulis. Semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Spesifikasi ASUS Vivobook Ultra A412 Bikin Generasi Milenial Semakin Cepat dan Kreatif”

  1. Suka banget sama kalimat pembukanya, “Berbanggalah kamu yang terlahir pada masa milenium, karena kamu sedang menjadi perbincangan di manapun, sebab kamu membawa gaya kehidupan yang unik.”
    Keren lahhh …

Leave a Comment