Tips Mudah Menanam serta Merawat Buah Anggur Di Tabulampot Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

O-gie.id – Anggur adalah tanaman buah perdu yang tumbuh dengan cara merambat pada media tertentu. Buah anggur memiliki varian rasa dari manis hingga asam dan termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini umumnya digunakan untuk membuat jus, agar-agar, minyak biji anggur, dan kismis.

Tips Mudah Menanam serta Merawat Buah Anggur Di Tabulampot Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Banyak pula yang suka mengkonsumsi buah anggur dalam kondisi segar. Selain karena rasanya, buah ini juga dikenal karena manfaatnya yang banyak, terutama bagi kesehatan. Buah anggur juga populer karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam metabolisme. Dengan mengkonsumsi buah anggur maka bisa membantu mencegah pembentukan sel kanker dan penyakit lainnya.

Dengan fakta di atas maka tak heran jika banyak yang membudidayakan buah anggur. Dengan banyaknya varian dan jenis dari buah yang manis ini, membuat para petani dapat menanam bermacam-macam varietas dalam satu lahan. Jenis tanaman anggur juga bisa dibudidayakan sebagai tanaman buah dalam pot atau disebut dengan tabulampot anggur. Inilah yang membuat siapa saja bisa menanam buah perdu yang satu ini tanpa harus menyediakan lahan yang luas.

Perawatan Tabulampot Anggur

Tabulampot anggur adalah salah satu cara budidaya yang kini makin populer di Indonesia. Hal ini tak lepas dari banyaknya keuntungan dengan memakai metode ini. Tanaman yang hidup di dataran rendah ini bisa ditanam tanpa butuh lahan luas. Apalagi dengan langkah penanaman dan perawatan yang tepat, maka tabulampot anggur bisa tumbuh baik. Untuk pertumbuhan optimal, maka metode ini harus didukung dengan kondisi iklim, tanah, dan lingkungan yang tepat.

Berikut ini beberapa panduan yang harus diketahui pembudidaya tanaman buah anggur supaya tanaman tumbuh dengan ideal:

1. Iklim yang Sesuai untuk Budidaya Anggur

Tidak seperti kebanyakan tanaman lain, tanaman buah jenis anggur sebenarnya membutuhkan musim kemarau berkepanjangan untuk tumbuh. Musim kering ini idealnya berlangsung selama 4-7 bulan. Selain itu, tabulampot anggur juga bisa tumbuh dengan baik pada intensitas sinar matahari cukup tinggi.

Curah hujan yang dibutuhkan oleh tanaman ini hanya 800mm per tahun. Oleh karena itu, penyiraman yang berlebihan dapat mengganggu proses pemupukan. Sedangkan Suhu untuk pertumbuhan maksimum adalah 31°C dan suhu untuk minum adalah 23°C.

2. Media Tanam Tabulampot Anggur

Tanah yang baik untuk tabulampot anggur adalah yang mengandung pasir, kaya unsur hara, gembur, dan banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tanaman. Sedangkan untuk tingkat keasaman tanah yang cocok untuk adalah pada pH 7 atau netral.

Untuk itulah, maka tabulampot anggur harus dibudidayakan dengan media tanam yang sesuai. Pemupukan atau pemberian kompos dalam dosis tepat juga dapat merekayasa tanah untuk memenuhi unsur hara untuk pertumbuhan tanaman.

3. Ketinggian Tempat Budidaya Tabulampot Anggur

Tanaman buah yang segar ini akan tumbuh dengan baik jika ditanam antara 5-1000 MDPL. Lokasi yang tepat untuk tabulampot anggur ini haruslah di dataran rendah sebagai lokasi yang ideal.

Meskipun demikian, pada jenis dan varian tertentu banyak yang memiliki syarat tumbuh pada ketinggian yang berbeda. Perbedaan ketinggian akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah. Jenis tanaman Vitis vinifera membutuhkan ketinggian 1-300 MDPL. Sedangkan jenis Vitis labrusca membutuhkan ketinggian 1-800 MDPL.

Jenis dan Varian Buah Anggur

Di Indonesia, hampir semua jenis tanaman merambat dapat hidup dengan mudah. Bahkan tanpa perawatan khusus sekalipun, tabulampot anggur dari bibit unggul juga bisa tumbuh dengan baik. Selain metode penanaman buah dalam pot, tanaman buah ini bisa pula tumbuh di depan rumah dan merambat tumbuh dengan baik.

Sebelum mulai membudidayakan tanaman buah anggur, ada baiknya untuk mengenal lebih jauh lagi tentang jenis dan juga anaeka varian buahnya. Hal ini akan membantu dalam mendapatkan jenis buah yang diinginkan. Berikut adalah jenis-jenis buah anggur paling populer di Indonesia:

1. Vitis Labrusca

Varian jenis ini dapat tumbuh di daerah dataran rendah hingga 900 MDPL. Jenis varian buah ini juga banyak ditanam di dataran tinggi. Ciri-ciri dari jenis ini adalah rasanya yang asam dan segar. Buah Anggur jenis ini sering digunakan untuk bahan membuat jus dan minuman lainnya.

2. Vitis Vinifera

Tanaman buah anggur yang satu ini dapat tumbuh di iklim kering dan di dataran rendah hingga 300 MDPL. Ciri-ciri dari jenis tanaman ini adalah memiliki kulit yang tipis, rasa yang manis, dan segar. Di Eropa, jenis buah ini banyak digunakan untuk bahan pembuatan minuman anggur.

3. Vitis Rotundifolia

Tanaman buah anggur ini merupakan jenis buah yang berwarna ungu gelap hingga hitam saat sudah matang. Umumnya, jenis buah ini tidak hanya dimakan segar tetapi juga digunakan untuk membuat jus, jeli, dan minuman anggur seperti beberapa varietas yang lainnya.

4. Anggur Bali

Buah anggur yang satu ini memiliki karakteristik warna buah hitam, ukuran buah sedang hingga besar, kulit tebal, daging lunak, memiliki biji, dan rasanya manis. Jenis anggur ini banyak yang ditabur dan dibudidayakan di Bali, terutama di daerah Buleleng.

Manfaat Tanaman Anggur bagi Kesehatan

Buah anggur memiliki banyak varian warna. Buah ini bisa ditemui dengan warna buah beragam, seperti hijau, merah atau hitam. Tidak hanya rasanya enak, tetapi manfaat anggur untuk kesehatan juga banyak. Manfaat anggur dapat diperoleh baik ketika dimakan segar atau setelah diolah menjadi jus, jeli, selai anggur, dan bentuk olahan lainnya.

Inilah yang menyebabkan banyak orang yang menyukai buah anggur. Bahkan tidak sedikit yang ingin memulai metode budidaya tabulampot anggur yang menghasilkan produksi buah melimpah. Namun, belum tahu cara budidayanya, maka kamu bisa melihat dulu apa saja manfaat anggur bagi kesehatan:

1. Manfaat Buah Anggur untuk Menyembuhkan Penyakit Jantung

Manfaat Buah Anggur untuk Menyembuhkan Penyakit Jantung

Dipercaya bahwa kandungan polifenol dalam anggur dapat membantu mencegah masalah jantung. Kandungan ini pula mampu melawan radikal bebas, memiliki efek anti inflamasi dan mampu mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

2. Anggur Membantu Mencegah Kanker

Buah Anggur Membantu Mencegah Kanker

Ekstrak kulit dan biji anggur mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu menunda atau mencegah beberapa jenis kanker. Karena itu, konsumsi dalam jumlah tepat secara teratur mampu mendukung gaya hidup sehat dengan semua kandungan yang dimilikinya.

3. Buah Anggur untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah Anggur untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah anggur dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, anggur juga memiliki kandungan kalium tinggi, yang membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa berkurang.

4. Buah Anggur Membantu Meningkatkan Ingatan

Buah Anggur Membantu Meningkatkan Ingatan

Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif. Inilah yang berkontribusi untuk menunda penuaan, meningkatkan kinerja memori dan fungsi motorik pada tubuh. Selanjutnya, buah ini juga dianggap bisa membantu dalam mengatasi gangguan saraf otak, seperti penyakit Alzheimer.

5. Jus Buah Anggur untuk Menurunkan Diabetes

Jus Buah Anggur untuk Menurunkan Diabetes

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi tiga porsi anggur, kismis, apel, atau pir per minggu dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Buah ini termasuk buah-buahan dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Inilah yang diyakini bisa membawa manfaat baik untuk penderita diabetes.

6. Buah Anggur Melindungi Kerusakan Retina Mata

Buah Anggur Melindungi Kerusakan Retina Mata

Anggur yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu mencegah gangguan pada retina mata. Mengonsumsi ekstrak biji anggur juga dapat membantu mengurangi stres mata karena cahaya yang terlalu terang.

7. Buah Anggur untuk Kesehatan Kulit dan Kecantikan Wajah

Buah Anggur untuk Kesehatan Kulit dan Kecantikan Wajah

Anggur mengandung resveratrol yang dapat membantu mencegah penyakit degenerative. Selain itu, anggur juga mengandung asam lemak esensial linolenat yang berfungsi mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas kulit.

Cara Budidaya Tanaman Anggur Melalui Tabulampot

Dalam metode budidaya tanaman buah di dalam pot, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk tanaman jenis ini. Hal ini bertujuan agar tanaman buah ini tumbuh dengan baik dan mampu menghasilkan buah berkualitas. Hal ini berlaku baik untuk budidaya di lahan maupun menggunakan metode tabulampot anggur.

Namun banyak juga yang belum mengetahui bagaimana cara memulainya. Padahal, budidaya tanaman tropis ini sangat menguntungkan. Dengan cara pemilihan bibit yang tepat hingga pemeliharaannya, maka akan dapat menghasilkan buah yang lebat pada saat mulai panen.

Cara Budidaya Tanaman Anggur Melalui Tabulampot

Nah, untuk memulai budidaya tanaman anggur, ada beberapa cara dan panduan yang dapat dipelajari lebih dulu. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diaplikasikan:

1. Pemilihan Bibit Buah Anggur yang Unggul

Dalam mengawali kegiatan budidaya atau bercocok tanam pohon buah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan bibit. Selain dengan cara menyemaikan biji buahnya, ada cara lain yang lebih praktis. Caranya adalah dengan membeli bibit unggul. Tanaman dari bibit unggul akan menghasilkan tanaman dengan kelebihan sebagai berikut:

  • Lebih tahan terhadap hama dan penyakit.
  • Dengan perbanyakan vegetatif bibit pohon dapat tumbuh lebih cepat.
  • Buah akan sama dengan induknya dan lebih terjaga kualitasnya.
  • Panen pertama bisa lebih cepat.
  • Insya Allah Buah yang dihasilkan akan sesuai dengan keinginan.

Itulah sebabnya, mengapa pembudidaya tabulampot anggur lebih memilih membeli bibit unggul daripada membuat sendiri bibit anggur dari biji. Mayoritas lebih memilih tabulampot dibandingkan dengan menanamnya langsung di tanah. Hal ini dikarenakan tabulampot anggur dipandang lebih praktis dan mudah diterapkan bagi siapa saja. Hal ini juga menjadi salah satu solusi bagi yang tidak memiliki cukup lahan untuk menanam pohon buah.

Setelah melihat keuntungan di atas, maka saatnya untuk melihat kriteria bibit yang terbaik untuk buah yang satu ini. Beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam pemilihan bibit pohon buah anggur adalah:

  • Tinggi bibit tanaman anggur berkisar antara 50-70cm.
  • Batang harus memiliki diameter 1 cm atau lebih. Semakin besar ukuran diameter batang akan semakin bagus.

2. Menyiapkan Media Tanam

Siapkan tanah yang subur dan jangan terlalu banyak air karena justru akan menghambat pertumbuhan tanaman anggur yang dapat menimbulkan busuk pada daun serta batang. Jenis tanah yang ideal dan baik untuk menanam pohon jenis ini adalah tanah berpasir.

3. Penanaman Bibit Buah Anggur

Langkah berikutnya untuk memulai budidaya metode tabulampot anggur adalah melakukan penanaman bibit. Setelah bibit tanaman memasuki usia 2 bulan atau lebih, maka akan mulai muncul akar dan daun. Kondisi ini menunjukkan bahwa bibit pohon tersebut telah siap dipindahkan ke media tanam yang disediakan.

Untuk hasil terbaik, proses pananaman bibit pohon buah anggur sebaiknya dilakukan pada saat memasuki musim kemarau. Jangan lupa untuk menyediakan batang bambu atau tiang minimal 2 meter sebagai penyangga media rambat tanaman anggur. Area tanaman yang dibutuhkan untuk tanaman buah ini adalah dataran rendah yang memiliki musim kemarau panjang.

4. Penyiangan Di Sekitar Media Tanam

Penyiangan ini bertujuan untuk mencegah supaya nutrisi tidak diserap oleh tanaman lain, sehingga dengan begitu tanaman buah anggur bisa tumbuh dengan lebih baik. Penyiangan dilakukan dengan menghilangkan gulma tumbuhan lain di sekitar area tanaman, seperti rumput liar. Hindari tempat yang berpotensi diterpa angin kencang dikarenakan berpotensi mengganggu tanaman buah dan menggugurkan bunganya

5. Penyiraman Pohon Anggur

Penyiraman tanaman anggur sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore hari atau minimal sehari sekali. Namun ketika penanaman terjadi di musim hujan, maka tidak perlu disiram karena tanaman merambat ini pada dasarnya tidak terlalu menyukai tanah lunak dengan banyak kandungan air. Pastikan tanaman ini bisa terkena sinar matahari langsung karena tanaman ini sebenarnya merupakan tanaman buah tropis.

Selain itu, penting juga untuk memberikan pupuk ketika umur tanaman buah sudah mulai memasuki masa 90 hari. Selanjutnya, proses pemupukan dapat dilakukan setiap dua pekan sekali atau minimal sebulan sekali.

6. Proses Panen Buah Anggur

Sebelum panen buah Anggur dilakukan, maka kenali dulu ciri-ciri buah yang sudah siap panen. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda yang bisa dilihat, terutama dari penampakan buahnya:

  • Semua buah di satu cabang masak secara seragam, bisa dilihat dari warna-warna yang dimiliki oleh satu buah dan yang lainnya sudah seragam.
  • Buahnya tidak sulit dipetik dari dahannya.
  • Tekstur daging buah sudah tidak terlalu keras.

Petik buah yang matang ketika masih pagi dan segera taruh di tempat atau keranjang yang sudah disiapkan sebelumnya. Hindari menumpuk buah di dalam satu tempat karena bisa merusak tekstur buah itu sendiri. Untuk panen, gunakan gunting dahan agar proses panen lebih mudah.

Dengan melakukan semua cara dan metode budidaya tabulampot anggur di atas, maka akan didapatkan buah yang bermutu. Hal ini tentu akan turut membantu para petani dalam memperoleh hasil yang melimpah pada saat panen dilakukan, sehingga akan didapatkan keuntungan secara komersial yang meningkat tajam.

Demikianlah ulasan singkat “Tips Mudah Menanam serta Merawat Buah Anggur Di Tabulampot Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat” dan informasi terkait tentang manfaat buah anggur. Jika kamu ingin mendapatkan bibit unggul buah anggur, maka kamu bisa klik disini.

Apabila membeli bibit di tempat penjualan bibit berkualitas maka kamu akan mendapatkan pohon yang lebih kuat cabang dan batangnya, serta tanaman yang melimpah hasilnya. Sampai ketemu dengan tips menanam buah lainnya.

2 thoughts on “Tips Mudah Menanam serta Merawat Buah Anggur Di Tabulampot Agar Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat”

  1. Buah yang terkesan mewah dan sekarang mudah didapat serta dibudidayakan sangat bermanfaat buat kesehatan.
    Tanaman yang bisa digunakan sebagai pagar hidup merambat.

    • Iya pak.. banyak banget manfaatnya bagi kesehatan dan perlindungan dari maling. xixixi.. pagar rumah sendiri lebih bagus dari agar tetangga. 😁🙏

Leave a Comment